Permainan Gundu Prancis

Permainan Gundu Prancis

Gundu atau kelereng atau neker adalah merupakan salah satu permainan anak yang mungkin sempat kita mainkan diwaktu ketika masih bocah dulu. Gundu atau kelereng yang ringan, kecil dengan ukuran 1.25 cm mempunyai beragam warna dan terbuat dari kaca padat/utuh ini pun juga sempat menjadi koleksi beberapa kawan saya dulu terutama yang bewarna cantik / unik.
Namun bagaimana dengan gundu atau kelereng yang dimainkan oleh orang perancis, apakah sama bentuknya dan cara permainannya?

Tournoi de Pentaque

Permainan gundu ini bernama Pentaque permainan ini mungkin mirip seperti permainan Bowling atau billyard. Bentuk asli permainan  ini muncul tahun 1907 di La Ciotat, di Provence, di selatan Perancis. Namanya berasal dari Les Ped Tanco dalam dialek Provençal di Bahasa Occitan, yang berarti “kaki rapat”.(wikipedia)

Beberapa waktu yang lalu saya mengikuti Tournoui de Pentaque, turnamen ini diikuti sejumlah orang Perancis dan orang indonesia sendiri. Setiap grup terdiri dari 3 orang yang dipilih secara acak dan saya kebetulan bersama kawan saya dan seorang Prancis, namanya Laurent (baca:lorong).Kami masing masing membawa 1 kantung yang berisi gundu (boulles). Sebanyak 2 buah boulles ini beratnya sekitar 800 gram dan terbuat dari Timah, besarnya bola ini sebesar bola kasti

Setelah siap kami pun melawan grup musuh. salah satu anggota grup melempar 1 bola karet kecil bewarna (bille) ketengah arena yang berukuran kurang lebih 3×8 m. Bola karet kecil ini berfungsi sebagai point utama yang menentukan menang dan kalah dalam permainan Pentaque ini. Karena jarak terdekat dengan bille inilah yang akan jadi pemenangnya.

Kami pun bergiliran melempar untuk mendapat jarak terdekat dengan bille, tanah yang berpasir sedikit menyulitkan jatuhnya boulles yang kami lempar, tak jarang  boulles kami melenceng jauh dari bille namun terkadang juga boulles kami malah jatuh menyentuh boulles lawan sehingga  membantu boulles lawan semakin mendekati bille tersebut justru ini membuat kami gregetan.

Untuk penilaiannya sendiri 2 point akan didapat jika salah satu boulles sangat dekat sekali dengan bille namun akan menjadi 1 poin jika jarak boulles tidak terlalu dekat dengan bille  namun lebih dekat daripada boulles kepunyaan lawan.

Dalam. Turnament ini grup kalah akan melawan grup yang kalah, sedangkan grup yang menang akan melawan grup yang menang. Semuanya diambil final juara 1,2 dan 3 . Setelah menjalani serangkaian rute permainan grup kami pun kalah ketika akan masuk final. Dan grup kami pun tidak bermain lagi.
Bagi saya yang baru pertama kalinya bermain pentaque  ini pun merasa permainan ini mengasyikan serta membutuhkan energi dan konsentrasi/berfikir selain itu permainan ini juga bisa melatih tingkat emosi kita.

C’est super!   Bravo!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s