Tour SHT dan Museum Aroma Tembakau

Jalan jalan seputar wisata alam dan jalan jalan keluar negeri, kayaknya sudah terlalu biasa dan bisa di lakukan rata rata orang saat ini. Tapi ada jalan jalan yang menurut saya juga tak kalah menarik salah satunya yaitu jalan jalan ke Museum.Beberapa waktu yang lalu saya menyempatkan diri jalan-jalan di kota Surabaya, di Surabaya ini ada salah satu museum yang beraroma tembakau.

Namun sebelumnya kita tur keliling kota, ikut tour SHT. SHT sendiri merupakan kepanjangan dari Surabaya Heritage Track.  Untuk ikut tour SHT ini kita  di sarankan melakukan registrasi terlebih dahulu melalui no telepon yang sudah tertera di brosure atau web. Mereka punya beberapa jadwal tour dengan rute tour yang berbeda setiap harinya. Start SHT ini di mulai dari gedung HOS.

bis sht

Kalo tidak salah ingat  saya dan  kawan saya ikut tour yang dimulai dari jam 3 sore, karena belum pernah kesana saya sempat kesulitan mencari HOS itu dimana, untungnya saya mengendarai sepeda motor jadi bisa selubukan jalan sempit dan berputar arah kendaraan  karena terang saja HOS berada di Surabaya utara sedangkan posisi saya ada di Surabaya timur jauh sekali. Sesampainya di area HOS tampak sebuah bangunan rumah mewah bergaya lama.Tiang tiang soko depan nya berbentuk puntung rokok, unik.

Tak menunggu lama naiklah kami ke dalam bis SHT, oiya sebelum naik kami di beri peta kecil berisi rute tour SHT dan ID card, bis yang kami tumpangi berwarna merah terang mencolok bergambar ilustrasi vector bergambar gedung gedung, di dalam bis SHT tidak berbeda dengan bis bis pada umumnya berbangku dua kiri kanan menghadap depan dengan kursi kendali supir terletak di kanan. Dan saya memilih duduk di tepi dekat jendela. Terlihat beragam penumpang bis SHT ini, ada beberapa turis eropa, orang india, beberapa anak muda,  ibu dan anaknya serta bapak bapak tua, dan dimulailah tour kami, pemandu wisata mulai memberikan informasinya kepada kami mengenai tempat tempat wisata yang kami kunjungi, seperti bangunan bangunan bersejarah, jalanan, hingga tempat tempat makanan yang melegenda.

rute tour SHT

 

Museum Aroma Tembakau

Setelah kurang lebih satu jam bis kami mengitari tempat tempat bersejarah di Kota Surabaya, sampailah kami di pemberhentian, yaitu tempat di mana Bis SHT itu berangkat. Karena hari masih belum gelap kami pun sempat masuk melihat isi ruanganan gedung HOS , pertama kali pintu dibuka kami di sambut dengan aroma tembakau. Ruangan di dalam tak berbeda jauh dengan karakter depan tampilan gedung ini namun sepertinya sudah di sulap menjadi galeri.

cornerdrumband

Gedung HOS ini terdiri dari 2 lantai, lantai pertama terdiri dari galeri keluarga, barang barang milik pribadi seperti foto dan sudut ruang kerja klasik, alat pengolahan tembakau lama, gerobak rokok kaki lima, foto foto generasi pemilik perusahaan Sampoerna, kendaraan , hingga ruang tempat pengolahan rokok linting. Lantai kedua berbeda dengan lantai pertama saya lupa isi detailnya namun juga menampilkan galeri galeri lama dan baru rokok dulu dan masa kini, yang menariknya ada sebuah kaca besar yang memungkinkan kita melihat ke bawah proses pembuatan rokok linting.

Jadi yang ingin variasi wisata selain wisata alam coba jalan jalan ke museum.

3 thoughts on “Tour SHT dan Museum Aroma Tembakau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s